EBIS

5 Bisnis Online yang Mudah Dilakukan

home-office-336581_750x350

REPUBLIKDIGITAL.com – Pesatnya perkembangan teknologi dan infrastruktur telekomunikasi dan informasi membuat aktifitas di dunia digital kian semarak. Teknologi 4G sudah hadir. Sebentar lagi ia akan menggantikan 3G.

Dari sisi jaringan, kabel optik juga sudah ditarik ke kampung-kampung. Tidak hanya teks dan gambar, kini internet TV (video) sudah hadir di rumah-rumah.

Semarak dunia digital menciptakan peluang baru untuk berbisnis online. Berikut ini 5 jenis bisnis online yang mudah dilakukan:

1. Membuat Blog (adsense)

Anda bisa membuat blog dengan topik tertentu, misalnya: tentang hobi, minat dan keahlian. Anda bisa menggunakan WordPress atau Blogger.

Setelah blog jadi, anda bisa memonetize blog tersebut. Caranya dengan memasang iklan, seperti: adsense, iklan produk sendiri, iklan affiliasi dan artikel review.

2. Membangun Toko Online (ecommerce/marketplace)

Anda bisa memanfaatkan blog untuk toko online. Jika hal ini masih sulit dikerjakan, anda bisa membuat akun di marketplace. Selanjutnya, anda tinggal memajang produk anda di toko online atau marketplace tersebut.

Jika saya tidak mempunyai produk sendiri bagaimana? Anda bisa menjadi reseller atau dropshipper.

Dengan menjadi reseller atau dropshipper anda tidak perlu repot dalam hal pengadaan barang, tidak perlu menyetok barang, tidak perlu melakukan proses packing dan pengiriman barang. Suplier akan mengurus ini semua atas nama anda sebagai pemilik bisnis online.

3. Menjual Produk Digital (ebook)

Jika anda punya keahlian di bidang tertentu, keahlian tersebut bisa anda jual dalam bentuk ebook atau video.

Potensi model bisnis ini masih cukup terbuka. Apalagi sekarang semakin banyak orang yang mencari tutorial lewat video dan lebih memilih membaca buku digital dibanding buku fisik.

4. Menjadi Makelar Online (affiliate marketing)

Salah satu model bisnis yang populer di bisnis online atau internet marketing adalah affiliate marketing.

Apa itu affiliate marketing ? Affiliate marketing adalah makelar atau perantara. Karena bekerjanya di dunia internet /online, affiliate marketing bisa juga disebut makelar online.

5. Menjadi Penulis Artikel (ghost writer)

Anda yang punya minat besar dalam menulis, manfaatkan minat dan keahlian menulis tersebut menjadi lahan penghasilan.

Saat ini sangat banyak pemilik website yang membutuhkan penulis konten untuk situs mereka. Bukan hanya situs besar saja yang membutuhkan penulis, situs-situs yang masih merintis juga membutuhkan penulis-penulis handal.

Bagaimana, sudah siap untuk memulai bisnis online?

(@RDCnews)

Popular

Copyright © 2012-2017 REPUBLIKDIGITAL

To Top