NET

Atom dan Bit

atom-vs-bit

Republikdigital.com – Pesatnya kemajuan teknologi informasi telah membawa kita ke Zaman Digital. Komputer, telepon genggam dan internet ada dimana-mana. Kita tidak asing lagi dengan semua barang tersebut. Bahkan nyaris ketergantungan.

Gaya hiduppun berubah, bit telah menggantikan atom sebagai komoditas dasar dari interaksi manusia. Hal ini merupakan perkembangan penting dari data dan informasi, yang akan menentukan masa depan teknologi dan interaksi manusia.

Sejenis makhluk apakah atom dan bit itu?

Atom

  1. Atom adalah partikel terkecil sebuah benda.
  2. Atom terdiri dari Inti (Neutron, Proton) dan Elektron.
  3. Zona : dunia nyata.

Bit

  1. Bit adalah partikel terkecil dari informasi digital (DNA informasi dalam komputasi dan telekomunikasi).
  2. Bit terdiri dari dua keadaan, yaitu on dan off yang disimbolkan sebagai 1 dan 0.
  3. Zona : dunia maya.

Ringkasnya, semua benda yang bisa kita sentuh tersusun dari atom. Termasuk informasi, misalnya : koran, majalah, buku, kaset, CD/DVD dan lain sebagainya.

Sementara informasi yang tidak bisa disentuh, tersusun dari bit. Seperti : pesan pendek, surat elektronik, video, foto digital, berita di website dan lainnya. Bit inilah yang menjadi unsur dasar pembentuk dunia digital.

Dalam kehidupan sehari, contoh atom dan bit ini bisa kita lihat pada perkembangan kamera. Dulu, kamera analog menyimpan foto dalam bentuk film (atom). Sekarang, kamera digital menyimpan foto dalam bentuk file (bit).

Yang menarik dan asyik, dalam bidang informasi, atom bisa diubah menjadi bit, pun sebaliknya. Sehingga dunia nyata dan maya bisa saling terhubung.

Apakah kelak fungsi sebagian manusia akan digantikan oleh robot/gadget atau jangan-jangan malah sudah?

(@RDCnews)

Most Popular

To Top