eCara

Cara Blokir Facebook dengan Winbox Mikrotik

facebook-blok

Republikdigital.com – Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk memblokir situs facebook dengan fitur winbox mikrotik. Bisa lewat layer 7 protocols, sekrip hingga blokir TCP/IP. Kali ini, yang akan kita bahas adalah memblokir facebook lewat metode blokir TCP/IP. Selain efektif metode  ini juga tidak membutuhkan sumber daya yang besar. Sehingga mikrotik anda tetap bisa mengerjakan proses lain dan kinerjanya tetap maksimal. Menariknya, di sini Anda juga bisa mengatur waktu, kapan boleh atau tidak boleh mengakses facebook.

  1. Catat TCP/IP facebook. Domain sebesar facebook.com biasanya mempunyai banyak TCP/IP. Semua TCP/IP tersebut harus anda ketahui. Untuk mengetahui berapa saja TCP/IP yang digunakan facebook, pasang pengaya (add-ons) ShowIP di mozilla.
  2. Buka facebook.com lewat mozilla yang sudah dipasangi pengaya ShowIP tersebut. Di bagian bawah sebelah kanan, anda bisa melihat TCP/IP yang digunakan facebook. TCP/IP ini mungkin akan berganti-ganti. Catat seluruh TCP/IP yang ditampilkan browser tersebut.
    ip-facebook
  3. Buka winbox mikrotik, pilih menu IP – Firewall.
    mtik1
  4. Klik tombol add (+) dan masukkan TCP/IP facebook seperti di bawah ini.
    mtik2
  5. Pilih tab Extra, atur waktu (jam dan harinya) kapan facebook tidak bisa dibuka.
    mtik3
  6. Pilih tab Action, pilih drop pada kolom Action seperti di bawah.
    mtik4
  7. Klik OK, selesai.
    mtik5
Untuk memasukkan TCP/IP facebook yang lain, ulangi langkah nomor empat dan klik OK. Selamat mencoba, semoga berhasil.

(DPS)

Popular

Copyright © 2012-2017 REPUBLIKDIGITAL

To Top