NET

Hutang Rasa ke Winamp

winamp-aneka

Republikdigital.com – Hari ini (20/12/2013) mungkin adalah hari berkabung dunia bagi pengguna winamp. Mulai besok, winamp akan menutup layanannya. Winamp media players tidak akan bisa diunduh lagi. Artinya, tidak akan ada lagi winamp media players versi terbaru.

Dalam laman resminya, Winamp mengumumkan : “Winamp.com and associated web services will no longer be available past December 20, 2013. Additionally, Winamp Media players will no longer be available for download. Please download the latest version before that date. See release notes for latest improvements to this last release. Thanks for supporting the Winamp community for over 15 years.

Setelah lima belas tahun (1997 – 2013) akhirnya winamp mati juga. Tidak ada yang tahu pasti apa alasan di balik keputusan mengejutkan ini. Apakah ini karena buruknya manajemen yang mengambil alih pengembangan aplikasi winamp setelah akuisisi AOL?

Lima belas tahun bukanlah waktu yang sebentar. Banyak suka duka. Ada kenangan rasa yang tinggal dan melekat di sana. Sangat emosional bagi pengguna winamp.

Sebagai pemutar musik digital, winamp sangat populer. Pengaruhnya bagi dunia sangat luar biasa.

Winamp telah menjadi bagian kehidupan masyarakat. Winamp tidak hanya mengubah cara orang mendengarkan musik tetapi juga industri musik itu sendiri. Winamp telah mengubah dunia.

Winamp layak dinobatkan sebagai legenda pemutar musik digital.

Mari kita kembali ke alam angan-angan. Berapa orang yang galau lalu menyetel winamp untuk menghibur diri? Seribu, sejuta, dua juta, sepuluh juta?

Berapa ribu tugas akhir atau skripsi yang berhasil dibuat dengan ditemani winamp. Berapa juta baris kode yang diciptakan programer dengan ditemani winamp. Berapa kaset yang tidak disetel karena winamp. Berapa industri musik yang tutup karena efek tidak langsung winamp.

Dan masih banyak lagi efek winamp dalam kehidupan yang lainnya, seperti : berapa banyak desain, web, proposal, surat penawaran, presentasi, juara sekolah, dll yang dihasilkan karena ‘winamp’.

Winamp dilahirkan pada bulan April 1997. Dalam waktu singkat, winamp berhasil menjadi MP3 player pertama yang mendapatkan penerimaan luas di masyarakat.

Hal ini didorong oleh perkembangan penggunaan internet yang eksponensial pada saat itu. Selain itu, penemuan MP3, kenyamanan menikmati musik dalam format baru adalah faktor penting yang ikut melambungkan nama winamp setinggi langit.

Dalam sejarah perkembangannya, perangkat lunak yang dikembangkan oleh Justin Frankel dan Dmitry Boldyrev untuk Nullsoft ini akhirnya diakuisisi oleh AOL pada bulan Juni 1999 seharga $ 80 juta. Pada tahun 2000, winamp memiliki 25 juta pengguna yang terdaftar.

Selamat jalan winamp. RIP, 1997-2013. Apa pemutar musikmu?

(@RDCNEWS)

Most Popular

To Top