NET

Kaskus Ganti Domain

kaskus-error

RepublikDigital.Com – Situs komunitas online terbesar Indonesia, kaskus.us tidak bisa dibuka sejak Sabtu (26/05). Kok bisa, kenapa? Apakah kaskus kena serangan peretas, apakah perangkat keras/servernya mati, apakah diblokir oleh pemerintah atau apakah ada faktor lain.

Selidik punya selidik, ternyata kaskus mengalami gangguan sistem nama domain (DNS). Inilah yang menyebabkan domain kaskus.us (kaskus dot us) tidak bisa dibuka. Sebagai alternatif, kaskus bisa diakses lewat alamat kaskus.com atau kaskus.co.id. Meski alamat beda namun isinya dijamin tidak beda dengan alamat sebelumnya, kaskus.us.

Maaf ya Gan kalau perpindahan domain ini dadakan, tapi jangan khawatir saat ini sedang dalam proses penyelesaian dan akan up lagi dalam waktu dekat,”  tulis kaskus di laman utamanya.

Wajar memang jika ‘hilangnya’ kaskus sempat membuat bingung banyak orang, khususnya pengguna internet di tanah air. Hal ini tak lepas karena jumlah anggota kaskus yang sangat besar, lebih dari 4 juta anggota dengan total posting setengah milyar lebih. Kaskus sudah seperti ‘negara digital’.

Kenapa kaskus ganti domain? Ini hanya sementara atau selamanya? Apakah domain lama, kaskus.us akan normal kembali? Tentu hanya pihak kaskus sendiri yang tahu jawabannya. Yang paling penting Agan-Agan dapat mengakses kaskus lagi bukan. Selamat ngaskus kembali.

(@RDCnews)


Popular

Copyright © 2012-2017 REPUBLIKDIGITAL

To Top