iNet

Nomor Ponsel Sekaligus Nomor Rekening

ponsel-rekening

Republikdigital.com – Pernahkah kita menghayal, jika nomor ponsel kita sekaligus menjadi nomor rekening bank. Terus setiap transaksi bisa kita lakukan lewat SMS. Rasanya alangkah enak dan mudahnya hidup ini.

Lho kan sudah ada. Sudah ada mobile banking dan SMS banking malahan.

Betul. Mobile banking memang sudah ada. Meski memudahkan tapi mobile banking masih tergolong rumit.

Dari sisi ponsel dan aplikasi. Mobile banking belum bisa umum. Maksudnya untuk bisa menjalankan mobile banking butuh spesifikasi ponsel tertentu. Tidak semua ponsel bisa mobile banking.

Sementara itu, SMS banking juga sudah ada. Tapi fungsinya belum maksimal. Bisa untuk transaksi tapi masih terbatas. Seperti untuk cek saldo, transfer uang, beli pulsa dan pembayaran rekening listrik dan sebagainya.

SMS banking belum berkembang sampai level maksimal. Bayangkan kalau nanti anda bisa beli nasi warteg, nasi padang, donat, tiket konser, bioskop, belanja di mall, belanja di internet, bayar bengkel dan lain sebagainya, cukup dengan SMS saja.

Mau beli donut XYZ, hanya Rp. 2000 saja per donat. Pembayaran bisa lewat SMS,  dengan format : <nilai uang>, misal : 10000, lalu kirim ke : 088888888XXX.

Setelah kirim SMS dan valid, pembeli akan dapat konfirmasi: Anda beli donut XYZ seharga Rp. 10000. Balas SMS ini dan masukkan PIN anda untuk meneruskan transaksi.

Begitu pembeli membalas SMS dan memasukkan PIN, jika dana dia di bank mencukupi, transaksi langsung diproses. Pembeli dapat balasan SMS transaksi. Namun, jika dana tidak cukup pembeli dapat SMS balasan, maaf dana anda tidak cukup.

Tentu kerumitan dan masalah, sudah pasti akan ada juga. Karena ini adalah sesuatu yang baru. Butuh aturan, pembelajaran, pengalaman dan lain-lain.

Di satu gedung bertingkat kawasan Mega Kuningan, Jakarta, Kamis, (13/09), republikdigital.com ngobrol dengan tim IT salah satu bank di tanah air. Tim itu menjelasakan bahwa akan ada produk baru dari bank tersebut, yaitu : nomor ponsel jadi nomor rekening.

Dengan adanya nomor ponsel sebagai nomor rekening ini, transaksi lewat SMS yang diilustrasikan di atas bisa direalisasikan. Untuk tahap awal tentu areanya masih terbatas. Harapannya, nanti bisa untuk semua transaksi.

Bagaimana, apakah anda tertarik untuk mendaftarkan nomor ponsel sebagai nomor rekening bank? Akan seperti apakah inovasi baru ini nanti? Mari kita tunggu.

(@RDCnews)

Popular

Copyright © 2012-2017 REPUBLIKDIGITAL

To Top