NET

Pemilu Lewat Facebook Pertama di Dunia

iaw-balon-ketum-12-15

Republikdigital.com – Pemilihan Umum Ketua Ikatan Alumni Wikusama (IAW), Jumat (9/11/2012), boleh jadi adalah pemilu lewat Facebook pertama di dunia. Facebook tidak lagi sekedar untuk update status saja. Facebook ternyata bisa juga untuk pemilu online.

Ada dua kandidat yang bertanding pada pemilihan itu. Nomor urut satu, pasangan Yudhi Aprianto-Andra Patria. Nomor urut dua, pasangan Hari Usmayadi-Bayu Indriarko. Wikusama adalah nama alumni STM Telekomunikasi Sandhy Putra Malang.

Pemilu ini dilakukan dari tanggal 9 sampai 23 November 2012 pukul 17.00 WIB. Selama rentang waktu tersebut, pemilih boleh memilih calon pilihannya.

Tidak hanya pemilu lewat Facebook pertama, pemilu ini sepertinya juga pemilu pertama dengan rentang waktu memilih terpanjang di dunia.

Peraturannya sederhana. Pemilih yang bisa melakukan pemilihan adalah pemilih yang terdaftar sebagai anggota Facebook Grup Wikusama. Jadi sebelum memilih, pemilih harus sudah menjadi bagian dari grup tersebut. KPU IAW memverifikasi akun Facebook yang menjadi anggota di grup itu.

Rencana awal, pemilu lewat Facebook ini dilakukan secara terbuka. Pemilih bisa langsung melihat hasil pemilu. Tidak hanya itu, siapa memilih siapa pun,  pemilih juga dapat langsung melihatnya.

Jika pada pemilu lain slogannya adalah bebas rahasia. Pemilu lewat Facebook ini slogannya adalah bebas tidak rahasia. Jika pada pemilu lain butuh berhari-hari untuk mengetahui hasilnya. Pemilu lewat Facebook ini butuh beberapa menit mungkin detik saja untuk mengetahui hasilnya.

Karena mengetahui jumlah suara dan orang yang memilih pada saat pemilihan sedang berlangsung bisa mempengaruhi pemilih berikutnya maka pemilu akhirnya dilaksanakan dengan sistem tertutup.

Facebook tidak mengakomodir sistem ini. Sistem vote di Facebook adalah sistem terbuka.

Akun Amru Mu yang mengusulkan agar pemilu diadakan dengan sistem tertutup. Tidak hanya sekedar usul, Amru Mu juga menawarkan aplikasi pemilunya. Usulan Amru Mu ini diakomodasi dengan baik oleh KPU IAW.

“Kalau boleh dibikin sistem tertutup, saya bisa bantu ‘tempelin’ aplikasi vote di WikusaMap” kata Amru Mu di timeline Facebook Grup Wikusama, Kamis (8/11/2012).

Sampai tulisan ini diturunkan, dari 3362 akun terdaftar baru 421 pemilih yang sudah memberikan suaranya.

Pemilu lewat Facebook pertama di dunia ini bisa dilihat di www.wikusama.org/pemilu

Most Popular

Copyright © 2012-2017 REPUBLIKDIGITAL

To Top