NET

Peta Internet

inet-alam-raya

Republikdigital.com – Dibangun dari jaringan global pada akhir 2011, dengan lebih dari 350 ribu website dari 196 negara untuk semua domain, peta internet karya Ruslan Enikeev seperti tata surya web yang sangat menakjubkan.

Sejak diluncurkan dua minggu yang lalu, tepatnya pada 24 Juli 2012, peta internet ini sudah dikunjungi oleh 1,5 juta orang. Anda bisa melihat keindahan peta internet atau tata surya web tersebut di http://internet-map.net

Peta internet berbeda dengan peta bumi. Peta internet adalah sebuah presentasi bi-dimensi tautan antara website di internet. Setiap situs adalah sebuah lingkaran di peta. Ukurannya ditentukan oleh besar lalu lintas website tersebut. Semakin besar lalu lintasnya, semakin besar pula bentuk lingkarannya.

Google adalah planet terbesar. Planet terbesar kedua ditempati oleh Facebook. Youtube menempati posisi ketiga. Urutan empat sampai sepuluh yaitu Yahoo, Wikipedia, Blogspot, Twitter, Live, Baidu dan Msn.

Sembilan planet terbesar di atas adalah buatan Amerika. Website buatan Cina, Baidu, menempati urutan kesembilan. Hanya Baidu, website buatan di luar Amerika yang bisa masuk ke dalam sepuluh besar.

Yang menarik letak WordPress. Salah satu rumah favorit para blogger itu berada di tepi tata surya. Jauh dari ingar-bingar web yang lain. Seperti planet terasing yang sedang menyendiri.

Bagaimana dengan website Indonesia?

Website Indonesia terletak di bawah samping kiri Planet Google dan di atas Planet Blogspot. Website Indonesia berwarna sama dengan website dari Cina, yaitu Kuning.

Planet terbesar di Indonesia adalah Kaskus. Nomor dua Detik disusul Kompas diurutan ketiga. Peringkat empat dan lima adalah Vivanews dan Klikbca.

Gugusan Detik, memiliki ukuran planet yang relatif besar-besar. Ada Detiknews, Detiksport, Detikinet dan Detihot. Jika planet-planet ini dijadikan satu, Detik akan jadi planet terbesar di Indonesia.

Semua situs web terhadap negara tertentu relatif membawa warna yang sama. Misalnya, zona merah di atas sesuai dengan segmen Rusia dari internet, yang kuning di sebelah kiri berdiri untuk segmen Cina, yang ungu di sebelah kanan adalah Jepang, cahaya biru besar pusat satu adalah segmen Amerika, dan lain-lain. Selain itu, website berkelempok sesuai dengan konten mereka.

(@RDCnews)

Most Popular

Copyright © 2012-2017 REPUBLIKDIGITAL

To Top