NET

Sejarah Perkembangan USB

usb

Republikdigital.com – “Ada (lebih dari) 10 miliar produk USB terpasang hari ini, dan industri mengirimkan (lebih dari) 3 miliar produk USB setahun dan sedang tumbuh,” kata USB-IF Presiden dan COO Jeff Ravencraft di Mashable.

Saking banyaknya, USB bisa digambarkan sebagai alat yang ada di mana-mana dengan alasan yang baik. Kepanjangan dari Universal Serial Bus, fungsi USB adalah untuk menghubungkan berbagai perangkat ke komputer.

Mungkin ada konektor lain yang lebih cepat tetapi USB adalah perangkat yang nyaman, dapat diandalkan, tahan lama, relatif murah dan lebih dari cukup untuk sebagian besar tugas dalam hal transfer data. Inilah yang membuat USB tetap populer.

Selain nyaman untuk transfer data, USB juga menyediakan daya (power) untuk menghubungkan perangkat seperti speaker dan hard drive eksternal.

Sejarah Perkembangan USB

1994: Pengembangan Dimulai
Tujuh kelompok perusahaan teknologi , yaitu : Compaq, DEC, IBM, Intel, Microsoft, NEC dan Nortel, bersama-sama mengembangkan apa yang mereka harapkan akan menjadi standar industri untuk menghubungkan perangkat periferal berfokus pada : bentuk, biaya, kesederhanaan, manufakturabilitas dan kegunaan .

Januari 1996: USB 1.0 Rilis
Model USB pertama secara signifikan lebih lambat dari yang kita nikmati sekarang. Ada dua kecepatan USB asli, yaitu :  versi bandwidth 1,5 Mbps dan 12 Mbps.

April 2000: USB 2.0 Rilis
USB versi kedua mampu mentransfer data hingga 480 Mbps atau sekitar 40 kali lebih cepat dari USB versi asli/pertama. USB tidak lagi hanya untuk mouse dan keyboard tapi sudah merambah ke perangkat lain yang memerlukan transfer data lebih besar, seperti printer atau webcam. USB 2.0 bersifat kompatibel, artinya setiap perangkat yang menggunakan teknologi USB 1.0 bisa digunakan di USB 2.0.

Desember 2000: USB Flash Drive
IBM merilis flash drive dengan kapasitas penyimpanan 8 MB. Memindahkan file dari satu komputer ke komputer lain menjadi lebih cepat. Flash drive juga lebih mudah digunakan daripada diskete 3½” yang masih dipakai di pergantian abad 20.

Mei 2005: USB Wireless
Menggunakan transmisi radio, USB merilis teknologi nirkabel/wireless. Sekarang anda sudah bisa menikmati komputer dengan periferal USB berteknologi tanpa kabel.

November 2008: USB 3.0 rilis
Kecepatan transfer data USB 3.0 adalah 5 Gbps atau 5.000 Mbps. Sekitar 10 kali lebih cepat dari USB 2.0. Kemampuan transfer data sebanding dengan FireWire 800.

Juli 2012: Spesifikasi Pengiriman Power Meningkatkan Kemampuan USB
Jumlah daya (power) yang bisa disalurkan melalui kabel USB atau konektor meningkat. Teknologi ini mampu memberikan daya lebih tinggi untuk mengisi notebook dan hard disk eksternal.

September 2012: Produk USB 3.0 Berkembang
Menurut USB-IF, berdasar hitungan terakhir, ada lebih dari 600 produk SuperSpeed ​​USB 3.0 di pasar. Tahun 2011, di waktu yang sama, hanya ada 275 produk.

Masa Depan USB
USB telah mempertahankan dominasi mengesankan atas pasar konektor selama bertahun-tahun, mengalahkan pesaingnya seperti FireWire.

Konektor lain mungkin dapat menantang USB di bidang tertentu. Misalnya, Intel baru-baru ini mengembangkan Thunderbolt, yang dapat ditemukan berdekatan dengan port USB 3.0 di Mac saat ini. Thunderbolt menawarkan kecepatan yang lebih baik dari USB 3.0 tapi ia datang dengan harga yang jauh lebih tinggi juga. Sebuah hub Thunderbolt berharga beberapa ratus dolar, sementara hub USB hanya sekitar $ 25.

Terlepas dari persaingan, para pengembang USB terus tumbuh. “Para pencipta teknologi USB terus-menerus meninjau cara untuk mengembangkan USB,” kata Ravencraft di Mashable.

Dengan kemampuan eksponensial yang meningkat selama 16 tahun sejarahnya, USB rasanya akan tetap digunakan dan populer.

Most Popular

To Top