Sudutpandang

Selamat Datang YouTube

youtube-indonesia

Republikdigital.com – Indonesia kembali mendapat perhatian besar bagi pengelola situs berlabel global. Maret 2012, Google membuka cabang di Indonesia. Mei 2012, Multiply memindahkan kantor pusatnya dari Florida, Amerika Serikat, ke Jakarta, Indonesia. Kamis, 14 Juni 2012, giliran YouTube merilis versi Indonesianya di Jakarta.

YouTube versi Indonesia bisa diakses di alamat youtube.co.id. Situs penyedia layanan berbagi video terbesar yang berbasis pengguna ini melihat Indonesia adalah pasar yang sangat potensial.

“70% pemirsa YouTube ada di luar Amerika Serikat. Dan di Asia, Indonesia adalah salah satu yang terbesar. Visitor dari Indonesia nonton puluhan juta jam per hari,” kata Adam Smith, Director of Product Management YouTube Asia Pasific di situs detik.

Dengan diluncurkan YouTube versi Indonesia, pengguna YouTube di tanah air akan lebih mudah mencari konten dari Indonesia atau yang berhubungan dengan Indonesia. Kenapa? Karena YouTube versi Indonesia mengedepankan konten lokal. Sehingga saat proses pencarian tersebut, video yang dicari tidak tercampur dengan video lain dari negara lain.

Namun sayang, pelokalan konten YouTube ini tidak dibarengi dengan pelokalan data centernya. Artinya pelokalan YouTube ini hanya pada isinya saja, sedangkan servernya masih berada di luar negeri.

Sehingga kalau pengguna YouTube Indonesia mengakses YouTube versi Indonesia, tetap lewat jaringan internet internasional. Hal ini yang menyebabkan akses YouTube versi Indonesia tidak serta merta ikut cepat.

Selain itu, semakin banyak yang akses YouTube versi Indonesia dari tanah air berarti semakin besar pula penggunaan bandwidth internasional. Jika penggunaan bandwidth internasional tinggi, bayarnya tentu juga semakin mahal. Ini mengurangi devisa Indonesia.

Sementara, di hari yang sama, PRJ (Pekan Raya Jakarta) juga resmi dibuka. Ajang pameran dengan 4 juta pengunjung dan nilai transaksi sekitar 3,6 T ini dibuka oleh Presiden SBY. Suatu kebetulan atau memang disengajakah?

(@RDCnews)

Popular

Copyright © 2012-2017 REPUBLIKDIGITAL

To Top