Sudutpandang

SMS Digantikan Media Sosial

medsos-sms

Republikdigital.com – Setiap lebaran, awal tahun 2000-an, pengguna telepon genggam sulit sekali mengirim SMS. Ini dikarenakan jaringan operator tidak mampu menangani ‘tsunami’ SMS. Akibatnya, SMS sering ketunda atau tidak terkirim.

Bayangkan saja, hampir semua orang yang mempunyai telepon genggam mengirim SMS pada saat yang bersamaan.  Isinya ucapan selamat lebaran dan permohonan maaf. Lalu lintas SMS menjadi penuh dan macet. Mirip seperti lalu-lintas Jakarta pas tahun baru.

Untuk menghindari macetnya SMS, pengguna biasa menyiasatinya dengan berkirim SMS lebih awal. Terjadilah lomba cepat-cepatan mengirim SMS. Maka pada saat itu lazim kita saksikan lebaran belum diumumkan tapi ucapan SMS lebaran sudah mendahului masuk ke telepon genggam kita.

Sekarang, fenomena SMS macet menjelang lebaran ini tidak terlihat lagi. Kapanpun, baik sebelum atau sesudah lebaran, layanan pesan pendek lancar saja. Kenapa?

Ternyata, dalam dekade belakangan ini, terjadi pergeseran perilaku orang dalam berkomunikasi menggunakan telepon genggam.  Telepon genggam tidak lagi hanya digunakan untuk telepon dan kirim SMS saja. Tetapi juga untuk komunikasi data.

Jika dulu teknologi SMS menjadi primadona maka kini tidak lagi. Dengan teknologi komunikasi data, media sosial menjadi primadona baru dalam berkomunikasi. Dalam beberapa sisi, fungsi  SMS mulai tergantikan oleh media sosial.

Media sosial menawarkan berbagai fasilitas baru dalam berkomunikasi yang tidak dimiliki oleh SMS. Salah duanya adalah kemudahan dan kecepatan. Media sosial memungkinkan penggunanya untuk menyebarkan pesan dalam waktu singkat.

Dengan SMS orang harus menyebarkan pesan satu-persatu. Dengan media sosial kesulitan itu tidak terjadi lagi. Satu pesan di media sosial bisa langsung dibaca oleh ribuan orang. Perkara pesan tersebut menjadi generik dan hambar ini tentu soal lain lagi.

Sampai berapa lamakah teknologi media sosial ini akan bertahan? Mari tanyakan pada diri masing-masing. Sebab, andalah yang menggunakannya.

Selamat Lebaran 1433 H, Minal Aidin Wal Faizin, Mohon Maaf Lahir dan Batin. Apakah anda sudah membuat ucapan selamat lebaran via SMS atau media sosial?

(@RDCnews)

Most Popular

Copyright © 2012-2017 REPUBLIKDIGITAL

To Top