NET

Wikufest 2013, The Network World Series

wikufest-2013

Republikdigital.com – Sukses menggelar WikuFest (Wikusama Festival) pertama pada 20-21 Januari 2012, IAW (Ikatan Alumni Wikusama) pulang kembali ke SMK Telkom Sandhy Putra Malang untuk mengadakan WikuFest kedua pada 1-2 Februari 2013.

WikuFest atau Wikusama Festival adalah kegiatan tahunan Ikatan Alumni Wikusuma berupa seminar dengan pembicara dari para alumni dan tamu yang telah memiliki pengalaman luas di dunia ICT (Information Communication Technology).

Industri ICT merupakan lingkungan bisnis yang sering berubah dan bergerak cepat. Dalam satu dekade terakhir, dunia ICT dipenuhi dengan teknologi dan produk yang mengubah gaya hidup, cara bekerja dan berinteraksi manusia.

Perubahan tersebut menuntut semua pihak yang terlibat dalam ekosistem ICT, termasuk sekolah ICT, untuk mempersiapkan kompetensi lebih awal guna menghadapi semua peluang dan tantangan yang muncul dan senantiasa membayangi.

Sebagai institusi yang 21 tahun mendidik dan meluluskan generasi siap kerja di bidang ICT, SMK Telkom Sandhy Putra Malang berusaha mengimbangi perubahan yang terjadi itu. Meski terkadang perubahan tersebut tidak mampu secara cepat diadopsi oleh sekolah ICT ini.

Setelah 18 tahun meluluskan tenaga siap kerja di bidang ICT, aset berharga berupa jaringan alumni telah berkembang dari sisi keilmuan dan pengalaman. Sebagian besar mereka berkecimpung di industri ICT dan menduduki posisi strategis dengan jaringan luas. Sebagian lainnya meraih prestasi membanggakan di bidang ICT dan berhasil menjadi entrepreneurtechnopreneur, dan netpreneur.

Melalui sinergi industri ICT dan jaringan alumni yang lebih baik, IAW kembali ke sekolah guna menyumbangkan pengetahuan, pengalaman dan wawasannya. Kegiatan rutin ini diharapkan mampu mengakselerasi adaptasi perubahan yang terjadi di industri ICT bagi lingkungan akademis.

WikuFest 2013 mengambil tema “The Network World Series”. Industri teknologi sektor jaringan merupakan sektor yang paling cepat berubah, melibatkan industri besar dan diproyeksikan mendominiasi industri ICT di masa depan. WikuFest tahun ini masuk kalender kegiatan Mozilla. Anda bisa melihatnya di sini.

Dengan komposisi materi KnowledgeEntrepreneurship dan Wisdom, WikuFest memberikan kesempatan luas kepada peserta (siswa, guru dan alumni) untuk meraih ilmu dan pengalaman berharga dari para Guest Speaker, seperti: Himawan Nugroho (Co Founder GM Foundation), Wahyu Liz (adaideaja.com) dan Viking Karwur, Benny Chandra, Irayani Queencyputri (Mozilla Indonesia).

Selain itu juga ada pembicara dari alumni yang telah meraih banyak prestasi dibidangnya seperti : Noka Fahimi (Senior Manager Airtel Africa), Hilal Achmad (VP Head of Digital Marketing and Ecommerce, Bakrie Telecom) dan Danton Prabawanto (Owner Jagoan Hosting).

Himawan Nugroho langsung datang dari Dubai untuk menyukseskan WikuFest kedua ini. Tidak hanya itu, Noka Fahimi juga datang langsung dari Nairobi, Kenya.

Nah, apa saja yang menarik di Wikufest kali ini. Berikut adalah acara-acara yang akan diselenggarakan dalam Wikusama Festival kedua ini :

Keynotes Speakers
Paparan wawasan ke depan tentang perkembangan industri, kewirausahaan, karir dari pelaku utama alumni atau pembicara tamu.

Technical Sessions 
Sesi kelas secara bersamaan yang berbagi pengetahuan teknologi, kewirausahaan dan hands-on secara mendetail disertai kuis serta sesi tanya jawab.

Mentors Meetup
Sesi kecil secara bersamaan berbagi pengalaman dan kiat sukses dari para mentor alumni, diskusi dan tanya jawab secara langsung.

Industry – Academic Discussion
Diskusi terbuka dari alumni-industri untuk timbal balik pengembangan kurikulum dan pendidikan di sekolah.

Selain itu juga ada acara lainnya yang tidak kalah seru, seperti : ShowcaseAwardNetworkingJoint CooperationGames, dan Fun Techno Competition.

Untuk mengetahui lebih detail, bisa dilihat di situs resmi WikuFest di sini. Anda juga bisa melihat promo Videonya di sini.

(@rdcnews)

Popular

Copyright © 2012-2017 REPUBLIKDIGITAL

To Top